Informasi dan Sejarah Grammy Awards

Grammy Awards adalah penghargaan musik bergengsi yang diberikan kepada para insan musik dunia. Grammy Awards atau dalam bahasa Indonesia berarti Penghargaan Grammy aslinya bernama Gramophone Awards. Penghargaan ini diberikan oleh National Academy of Recording Arts and Sciences dan termasuk salah satu penghargaan musik terbesar dan paling bergengsi di dunia industri musik, sama dengan Billboard Music Awards atau American Music Awards. Berikut Museum Musik akan mencoba sedikit membahas tentang sejarah awal dan kategori utama dari Grammy Awards.

Grammy Awards pertama digelar pada tahun 1959 yang untuk pertama kalinya menyelenggarakan malam upacara penganugerahan Grammy. Biasanya penghargaan Grammy yang dilakukan di tahun tersebut dilakukan untuk menghormati prestasi artis, band atau penyanyi di tahun sebelumnya. 

Informasi dan Sejarah Grammy Awards


Terdapat banyak kategori yang dipertandingkan di penghargaan Grammy, bahkan mencapai puluhan. Biasanya kategori-kategori ini dibedakan pada tiap-tiap genre. Namun ada empat kategori yang tidak terpengaruh oleh genre, yaitu :


- Album terbaik tahun ini (Album of the year), diberikan kepada musisi dan tim produksi untuk album terbaik dalam satu tahun

- Rekaman terbaik tahun ini (Record of the year), diberikan kepada musisi dan tim produksi untuk satu lagu terbaik dalam satu tahun

- Lagu terbaik tahun ini (Song of the year), diberikan kepada penulis dan pencipta lagu untuk satu lagu terbaik dalam satu tahun.

- Pendatang baru terbaik (Best new artist), diberikan kepada artis pendatang baru terbaik yang baru memulai karir di tahun tersebut.


Penghargaan lain diberikan karena performa dan produksi dari tiap-tiap genre, termasuk juga kontribusi lain seperti artwork atau video musik. Karena banyaknya kategori, hanya beberapa kategori populer saja, termasuk empat kategori di atas dan beberapa kategori dari genre populer seperti rock, pop, rap atau country, yang disiarkan televisi secara live. Pengumuman kategori-kategori lain yang kurang populer sudah disampaikan terlebih dahulu pada siang hari sebelum pergelaran.

Dalam sejarahnya, penyanyi Sir Georg Solti tercatat sebagai pengoleksi Grammy Awards terbanyak, sebanyak 31 kali, diikuti Quincy Jones dengan 27 kali. Sementara di antara kalangan artis perempuan, Alison Krauss adalah juaranya dengan total 26 kali meraih penghargaan. Untuk kategori kelompok atau grup band dipegang oleh band asal Irlandia, U2 dengan 22 penghargaan.



-MuseumMusik-

>

0 komentar:

Post a Comment

Featured of the Week

100 Lagu Jazz Terbaik di Dunia Sepanjang Masa

Musik jazz merupakan salah satu jenis genre musik populer yang banyak digemari oleh masyarakat. Jazz terkenal karena nada dan iramanya yang...

Artikel Pilihan

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status