Profil dan Biografi Lengkap Band Blur

Blur adalah band rock asal Inggris. Blur dibentuk di kota London, Inggris pada tahun 1988. Mereka terdiri dari Damon Albarn (vokal dan keyboard), Graham Coxon (gitar), Alex James (bass) dan Dave Rowntree (drum). Blur mencapai popularitas tertinggi di periode 1990-an. Mereka merilis 6 album studio di era tersebut dan mencapai kesuksesan di seluruh dunia. Blur juga turut serta dalam mempopulerkan musik Britpop di industri musik. Mereka juga terlibat rivalitas dengan band Inggris lain, Oasis. Rivalitas mereka lalu disebut sebagai The Battle of Britpop. Blur juga disebut-sebut sebagai band terbaik dunia di era 90-an. Berikut Museum Musik akan sajikan profil dan biografi lengkap Blur.

Profil dan Biografi Lengkap Band Blur

Blur merilis album debutnya di tahun 1991 dengan judul Leisure. Blur kemudian merubah gaya musik mereka dan lebih condong ke pop gitar khas band-band Inggris. Blur lalu merilis tiga album dalam tiga tahun berturut-turut, Modern Life Is Rubbish (1993), Parklife (1994) dan The Great Escape (1995). Tiga album ini sukses di pasaran dan membuat Blur meraih kesuksesan besar di Britania Raya. Beberapa single dan lagu andalan Blur antara lain Girls and Boys, For Tomorrow dan Parklife. Blur juga dianggap mampu mempopulerkan musik Britpop di era tersebut.

Di tahun 1995, Blur sempat terlibat pertarungan tanggal lagu dengan band rival, Oasis. Hal ini bermula ketika Blur dan Oasis merilis single terbaru mereka di hari yang sama, yaitu Country House dari Blur dan Roll With It dari Oasis. Rivalitas keduanya disebut sebagai The Battle of Britpop. Pada akhir minggu, Country House mampu mengalahkan Roll With It dari segi penjualan, yaitu 274.000 kopi berbanding 216.000 kopi. Single Country House juga menjadi lagu nomer satu pertama Blur di tangga lagu UK.

Album berikutnya, Blur (1997) banyak terpengaruh oleh musik rock indie khas band indie Amerika. Di album ini juga terdapat lagu Song 2, yang langsung menjadi hits dan membuat Blur meraih kesuksesan di Amerika Serikat dan seluruh dunia. Album berikutnya, 13 banyak terpengaruh oleh musik elektronik dan gospel. Blur lalu merilis album ketujuh mereka, Think Thank. Album ini menjadi album terakhir Blur sebelum memutuskan untuk break.

Blur lalu bereuni kembali di tahun 2008. Mereka lalu menggelar beberapa konser dan merilis beberapa single baru. Blur juga sempat menggelar konser tour internasional. Dan meski tidak merilis album lagi, namun Blur masih dianggap sebagai salah band terbaik di Britania Raya dan menjadi salah satu band yang mempopulerkan musik Britpop.


-MuseumMusik-

>

0 komentar:

Post a Comment

Featured of the Week

Kumpulan Lagu Religi Islami Terbaik Indonesia

Lagu religi merupakan lagu dengan tema keagamaan. Di Indonesia yang merupakan negara dengan jumlah penduduk Islam terbesar di dunia, lagu r...

Artikel Pilihan


Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status