Profil dan Sejarah Band Pink Floyd

Pink Floyd adalah band progressive rock asal Inggris yang dibentuk di tahun 1965. Mereka sukses menembus pasar musik internasional dengan genre musik progressive rock dan disebut sebagai grup band pertama yang mempopulerkannya dan menjadi salah satu band terbaik sepanjang masa. Pink Floyd disebut-sebut sebagai salah satu band paling sukses secara komersil dan paling berpengaruh dalam sejarah musik populer. Mereka juga terkenal dengan lirik lagu-lagunya yang filosofis, gaya di sampul albumnya serta konser-konser spektakuler yang mereka adakan. Berikut tim Museum Musik akan sajikan biografi dan sejarah perjalanan lengkap grup band legendaris Pink Floyd.

Profil dan Sejarah Band Pink Floyd

Sejarah Pink Floyd

Pink Floyd terdiri dari Nick Mason, Syd Barrett, Richard Wright, Roger Waters, dan David Gilmour. Mereka pertama meraih kepopuleran di area musik underground di London pada akhir 1960-an. Setelah itu, Syd Barrett memutuskan untuk keluar dari band karena masalah kesehatan. Hal ini membuat Roger Waters kemudian dipercaya menjadi penulis lirik utama dari Pink Floyd. Dia juga menjadi salah satu faktor utama dibalik kesuksesan beberapa album mereka, seperti The Wall atau The Dark Side of the Moon.

Pink Floyd akhirnya sukses menembus pasar musik internasional di dekade 70-an. Album-album besar mereka pada masa itu antara lain adalah The Dark Side of the Moon (1973), Wish You Were Here (1975), Animals (1977), The Wall (1979), dan juga The Final Cut (1983). Semua album tersebut mampu terjual jutaan kopi ke seluruh dunia dan layak disebut dalam deretan album terbaik di masa itu. Dengan banyaknya album-album yang laris terjual tersebut, Pink Floyd juga banyak memproduksi beberapa lagu 70an terbaik. Beberapa lagu di antaranya adalah Comfortably Numb, Time, Wish You Were Here, The Wall dan Another Brick in the Wall, Pt II.

(baca juga 10 lagu terbaik Pink Floyd)

Pada tahun 1979, Richard Wright memutuskan untuk keluar dari band, diikuti oleh keluarnya Roger Waters pada tahun 1985. Hanya David Gilmour dan Nick Mason saja yang bertahan di Pink Floyd dengan beberapa musisi tambahan lainnya. Pink Floyd lalu diperkenalkan pada US Rock and Roll Hall of Fame di tahun 1996 dan kemudian pada UK Music Hall of Fame pada tahun 2005.

Total Pink Floyd telah merilis 15 album studio dan sukses menjual lebih dari 250 juta kopi album ke seluruh dunia, termasuk 74,5 juta hanya di Amerika Serikat saja. Hal tersebut menjadikan Pink Floyd berada di urutan tujuh dalam rekor jumlah album terjual di seluruh dunia. Hingga kini, grup band Pink Floyd disebut-sebut sebagai salah satu grup band legendaris terbaik dan paling berpengaruh sepanjang masa yang banyak menghasilkan lagu lagu hits di masanya.



-MuseumMusik-

>

0 komentar:

Post a Comment

Featured of the Week

100 Lagu Jazz Terbaik di Dunia Sepanjang Masa

Musik jazz merupakan salah satu jenis genre musik populer yang banyak digemari oleh masyarakat. Jazz terkenal karena nada dan iramanya yang...

Artikel Pilihan

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status